Tuesday, February 15, 2011

Jong Bataks Bond, siapa?

Dalam sejarah, di mana Sumpah Pemuda diikrarkan tahun 1928, dikatakan ada satu perkumpulan yang ikut bernama Jong Bataks Bond (semoga saya tidak salah menuliskannya).
Ada banyak bond yang lain seperti Jong Sumatera, Jong Sulawesi, Jong Java, Jong Ambon dan sebagainya yang ikut menelorkan Soempah Pemoeda.

Satu pertanyaan yang menggelitik disampaikan Prof. Dr. Irzan Tanjung kepada saya, siapa saja itu yang ikut dalam Jong Bataks Bond? Pada tahun 1928 orang Batak yang ikut itu pastilah orang-orang yang hebat mengingat pusat kemajuan saat itu sebenarnya adanya di Jawa.

Telaah saya dari beberapa sumber menghasilkan bahwa pemimpin Jong Bataks Bond itu adalah Amir Syarifuddin Harahap yang hebat itu. Selanjutnya ada pula saya dapati kedua bersaudara Sanusi Pane dan Armijn Pane. Hanya itu yang baru saya dapat.

Sangat menarik bila ada sumber tertulis yang menyatakan siapa saja mereka orang Batak yang lain yang ikut dalam delegasi tersebut. Silakan saudara-saudara yang memiliki sumbernya memberikan informasinya agar kita rekonstruksikan sejarah yang hebat ini.

Tapi ada satu lagi pertanyaan menggelitik. Mengapa sudah ada Jong Sumatera tapi masih ada lagi Jong Bataks Bond?
Kalau ini saya mendapatkan sumber tertulis jawabannya. Memang Jong Sumatera sudah duluan ada. Tetapi dalam perkembangannya Jong Sumatera didominasi oleh saudara-saudara dari salah satu suku saja yang ada di Sumatera. Melihat gelagat tidak sehat inilah Amir Syarifuddin Harahap dkk tidak mau bergabung lagi dengan Jong Sumatera dan mendirikan terpisah, Jong Bataks Bond.

No comments:

Post a Comment